Bukit Sikunir
Bukit Sikunir

3 Tempat Wisata Kota Wonosobo Yang Tak Boleh Dilewatkan!

Posted on

Tempat Wisata Kota Wonosobo – Wonosobo adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Wonosobo ternyata memiliki dataran tinggi yang miliki potensi alam yang luar biasa. Lebih tepatnya terletak sekitar 30 km dari pusat Kota Wonosobo. Dataran ini berbatasan langsung dengan kabupaten Banjarnegara. Daratan Dieng ini sendiri berada di sebelah barat komplek Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Faktanya, daratan Dieng ini juga memiliki nilai budaya yang sangat kental. Konon, daratan ini adalah tempat bersemayamnya para dewa dan dewi. Nama Dieng ini sendiri berasal dari bahasa Kawi, yang dimana “Di” berarti tempat atau sebuah gunung, dan “Hyang” berarti dewa. Sehingga nama Dieng sendiri berarti tempat tinggal para dewa dan dewi.

Dibalik keindahan yang dimiliki daratan ini, Dieng juga sangat famous dengan spiritualnya. Hal ini dikarenakan ditempat ini banyak sekali ditemukan candi-candi bercorak Hindu yang dibangun beratus-ratus tahun yang lalu. Namun, tak perlu takut! Selama Anda tak memiliki niatan yang buruk, Anda akan disambut ramah di tempat ini. Oleh karena itu, 5 tempat wisata berikut tak boleh Anda lewatkan!

Objek Wisata Terpopuler Di Daratan Dieng

Telaga Warna

Telaga Warna
Telaga Warna

Telaga Warna adalah salah satu telaga terindah yang dimiliki Kota Wonosobo. Nama Telaga Warna ini diberikan karena telaga ini memiliki warna yang berbeda-beda, yaitu biru laut, hijau, serta putih kekuningan. Konon, menurut legenda warga Dieng, warna yang tercipta di permukaan telaga dikarenakan ada cincing seorang bangsawan yang terjatuh kedalam telaga tersebut. Namun, secara ilmiah, warna yang dihasilkan telaga tersebut dikarenakan adanya pembiasan cahaya yang terjadi pada endapan belerang dalam telaga.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir
Bukit Sikunir

Apakah Anda tipikal orang yang sangat menyukai sunrise? Datanglah ke Desa Sembungan! Di desa ini terdapat bukit yang sangat terkenal, ialah Bukit Sikunir. Nama Sikunir ini sendiri diberikan karena banyak para wisatawan yang ketagihan setelah menikmati sunrise di bukit ini. Bukit yang memiliki ketinggian ± 2.200 mdpl ini memang tak bohong jika memiliki keindahan langit yang menabjubkan ketika pagi hari. Oleh karena itu, untuk Anda pecinta sunrise, tempat ini adalah pilihan yang tepat.

Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda
Sumur Jalatunda

Di Desa Pekasiran, Kecamatan Bantur, terdapat sumur yang bernama Sumur Jalatunda. Sebenarnya wisata ini bukanlah sumur, melainkan sebuah ceruk rekahan kawah. Namun, karena genangan air yang cukup dalam, maka ceruk ini disebut sebagai sumur. Kedalaman sumur ini sendiri ± 200 meter dengan diameter 90 meter.

Banyak para wisatawan yang rela menaiki 257 anak tangga untuk mencapai sumur karena mitos yang terdapat di sumur ini. Menurut mitos yang berkembang, orang dapat melemparkan kerikit dari seberang sumur ke seberang yang lain, maka harapannya tersebut akan terkabut. Sehingga tak heran jika banyak para warga yang sengaja menjual batu kerikil dengan harga Rp 500, agar para wisatawan dapat mewujudkan harapannya tersebut.

Itulah rangkuman dari 3 tempat wisata yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Dataran Dieng. Selamat berkunjung, dan selamat menikmati liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *