Taman Satwa Taru Jurug
Taman Satwa Taru Jurug

Taru Jurug Taman Satwa Kebanggaan Solo

Posted on

Taru Jurug adalah taman satwa yang cocok untuk tempat liburan keluarga. Taman Satwa Taru Jurug ini berlokasi di Solo, dapat dibilang sebagai taman satwa yang sangat indah. Orang-orang juga menyebut taman satwa ini dengan kebun binatang Taru Jurug, sebab memang objek wisata Solo yang satu ini menyediakan aneka rupa koleksi binatang langka.

Kebun binatang atau taman satwa ini termasuk objek wisata favorit, Anda dapat mengajarkan anak-anak Anda mengenai aneka binatang langka yang terdapat di negara Indonesia tercinta. Ketika musim liburan tiba, tak hanya wisatawan sekitar Solo saja yang berkunjung, tetapi juga warga dari daerah lain, bahkan tak menutup kemungkinan ada warga luar negeri yang berkunjung.

Taru Jurug Taman Satwa Kebanggaan Solo

Tetapi Anda harus bersiap-siap, karena jika Anda berkunjung ke Taman Satwa Taru Jurug saat liburan tiba, Anda akan kesulitan menemukan tempat parkir. Jika tempat parkir kendaraan sudah penuh, mau tidak mau Anda harus parkir di tepian jalan yang berlokasi di sekitar kebun binatang ini. Mari baca selengkapnya.

Taman Satwa Taru Jurug Kebanggaan Solo

Lokasi Taman Satwa Taru Jurug

Yang terpenting adalah Taru Jurug Taman Satwa , karena jika Anda sudah membaca reviewnya dan tertarik berkunjung ke taman satwa Solo Taru Jurug ini, Anda harus mengerti alamatnya. Adapun alamat dari Taru Jurug yakni di Jl. Ir. Sutami 40 Kentingan – Jebres Solo Surakarta. Jika pusing, Anda dapat mencari kampus Universitas Sebelas Maret, lokasi kebun binatang Taru Jurug ini tepat ada di sebelahnya.

Taru Jurug Taman Satwa Kebanggaan Solo

Sejarah Taman Satwa Taru Jurug

Sebelum membahas lebih jauh, mari kenali terlebih dahulu tentang sejarah dari kebun binatang Taru Jurug ini. Dahulu sebenarnya taman satwa ini hanyalah sebuah taman kota yang berlokasi di samping Bengawan Solo.

Dahulu binatangnya belum ditampung di Taru Jurug, melainkan di daerah taman Sriwedari, yang berlokasi di tengah dari kota Solo. Ketika itu memang namanya belum berupa taman Sriwedari melainkan Taman Bonrojo atau kebun raja. Taman Bonrojo ini dibangun Paku Buwono X ketika tahun 1870.

Tetapi ketika tahun 1939, Paku Buwono X sudah wafat, karenanya kebun binatang Bonrojo pun tak terawat lagi. Hingga akhirnya pemkot Solo mengambil alih pengaturan taman satwa tersebut pada tahun 1986 agar terawat lagi, kemudian memindahkan ke lokasi Taru Jurug sekarang ini. Yayasan yang dibentuk khusus untuk mengelola taman satwa Taru Jurug yakni yayasan Bina Satwa Taruna, itulah sekilas tentang sejarah objek wisata satwa terkenal di kota Solo ini.

Pementasan Musik Di Taman Satwa Taru Jurug

Taru Jurug Taman Satwa Kebanggaan Solo

Walau merupakan sebuah kebun binatang, namun taman satwa Taru Jurug memiliki berbagai fasilitas hiburan juga, khususnya karena lokasinya di samping sungai Bengawan Solo. Contohnya saja pernah ada festival Gethek yang menggunakan perahu di sungai Bengawan Solo. Selain itu kebun binatang atau taman satwa Taru Jurug pun dilengkapi beberapa fasilitas seperti:

  • Kereta mini
  • Arena bermain untuk anak
  • Pertunjukan musik
  • Pementasan reog
  • Syawalan

Untuk festival Gethek sendiri tidak dilakukan setiap hari, melainkan hanya satu tahun sekali.

Harga Tiket Masuk Taman Satwa Taru Jurug

Harga Tiket Masuk Taru Jurug ketika hari biasa Rp 6.000,00 sementara ketika hari libur Rp 7.000,00. Jam buka mulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Jika Anda berminat berkunjung ke sini, jangan terlalu sore, atau jangan terlalu siang juga, karena sangat panas. Jika terlalu sore Anda dan keluarga hanya bisa menikmati keindahan Taru Jurug sebentar saja. Sekian artikel tentang Taru Jurug taman satwa kebanggaan Solo, selamat berlibur.

Taru Jurug Taman Satwa Kebanggaan Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *