Wisata Air Terjun Jumog
Wisata Air Terjun Jumog

Wisata Air Terjun Jumog Pintu Masuk Keindahan Alam

Posted on

Wisata air terjun Jumog merupakan salah satu objek wisata yang boleh dilirik, khususnya bagi pecinta keindahan alam. Wisatawan yang sudah bosan dengan wisata buatan, sangat direkomendasikan mengunjungi wisata alam yang satu ini. Jawa Tengah merupakan lokasi dari air terjun Jumog, memang di provinsi ini banyak tempat wisata yang terkenal eksotis. Lokasi tepatnya dari air terjun ini yakni di kabupaten Karanganyar. Kabupaten ini memang mempunyai cukup banyak wisata yang khas, juga terkenal, namun mungkin sebagian besar dari Anda belum pernah mendengarnya. Tetapi jika Anda bertanya ke para wisatawan pecinta alam, maka tak mengherankan jika mereka sudah sering pergi ke wisata alam air terjun di kabupaten Karanganyar ini. Mari baca selengkapnya.

Wisata Air Terjun Jumog Pintu Masuk Keindahan Alam

Perjalanan dari Jogjakarta

Jika Anda melakukan perjalanan dari pusat Jogja, pertama Anda harus menuju kabupaten Karanganyar dahulu. Jarak dari pusat kota Jogja menuju kabupaten ini yakni kurang lebih 100 kilometer. Anda akan melewati Klaten, kemudian Solo, barulah tiba di Karanganyar, oleh karena itu Anda harus menyediakan waktu yang mencukupi, karena tidak akan seru jika Anda tiba terlalu malam di Jumog nanti. Untuk waktu perjalanan sendiri kurang lebih antara 3 hingga 4 jam, tergantung kondisi jalan juga. Mungkin jika Anda pergi ketika hari Raya Lebaran, akan membutuhkan waktu lebih lama, karena kondisi jalan yang macet. Di mana ketika Lebaran tiba, wisatawan akan membludak.

Udara yang sejuk

Selain keindahan alam yang menawan, di Jumog Anda juga akan merasakan udara yang sangat sejuk. Memang karena itulah maka banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke sini, bahkan penduduk lokal ketika berlibur pun banyak yang berkunjung ke air terjun ini dibandingkan memilih objek wisata yang jauh dari tempat tinggal mereka. Adapun pengelola dari objek wisata alam ini yakni warga desa Berjo, dikelola secara mandiri, tidak dipegang oleh pihak swasta manapun maupun pemerintah.

Wisata Air Terjun Jumog
Wisata Air Terjun Jumog

Pesona alam yang dipersiapkan

Dahulu masih belum ada jalan setapak menuju air terjun ini, namun mulai tanggal 7 Agustus 2004, warga desa Berjo menebas semak belukar kemudian membuat jalan yang mudah untuk mengakses air terjun ini. Jumog sendiri airnya mengalir menuju 3 cabang, yaitu Kusumajati, Junleng dan Klueng. Apabila Anda ingin menuju air terjun Jumog dari kota Solo, Anda bisa memanfaatkan kendaraan umum, atau ada juga alternatif transportasi lainnya, yakni menggunakan tumpangan bus menuju Tawamangu, di terminal Karang Pandan. Setelahnya Anda lanjutkan perjalanan menuju Terminal Kemuning. Terakhir Anda mungkin harus menyiapkan uang untuk menyewa ojek setempat, sebab tak ada kendaraan umum ke arah air terjun Jumog lagi. Tetapi ingat untuk nego dahulu sebelum menyewa ojek, untuk menghindari tarif yang terlalu tinggi.

HTM Jumog

Harga tiket masuk untuk memasuki lokasi wisata alam air terjun ini cukup murah, yaitu Rp 3.000,00. Tetapi harga mungkin dapat berubah sewaktu-waktu, sebaiknya Anda membawa uang lebih untuk berjaga-jaga. Karena akan sangat disayangkan jika Anda sudah tiba jauh-jauh ke daerah tersebut kemudian kekurangan uang untuk membayar tiket masuk. Setelah Anda menempuh perjalanan dengan anak tangga, akhirnya Anda akan tiba untuk melihat keindahan air terjun Jumog ini, air terjun dengan ketinggian 25 meter. Sekian artikel tentang wisata air terjun Jumog pintu masuk keindahan alam, selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *