Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Wisata Alam Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Posted on

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan salah satu objek wisata alam berupa air terjun yang populer. Air terjun ini berlokasi di daerah pegunungan lereng barat dari Gunung Lawu. Anda dapat menuju lokasi wisata ini dengan menaiki kendaraan darat, apabila Anda berangkat berawal dari Solo (Kota Surakarta) akan menghabiskan waktu kurang lebih selama 1 jam.

Tempat ini sudah menjadi tempat wisata semenjak lama, semenjak masa kolonial Belanda. Ketinggian dari air terjun ini termasuk lumayan apabila Anda bandingkan dengan air terjun lainnya. Ketinggian totalnya yakni 81 cm. Jika Anda takut apabila tak ada fasilitas pendukung di objek wisata ini, Anda tak perlu khawatir, karena di daerah Grojogan Sewu Tawangmangu tersedia fasilitas seperti kolam renang, juga tak lupa fasilitas penginapan untuk para wisatawan dari luar kota. Tetapi memang lokasinya bukan di air terjun itu sendiri melainkan sudah mendekati.

Mari baca selengkapnya tentang Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Akses dan Perjalanan

Berangkat dari Tawangmangu sendiri, Anda dapat melakukan wisata pendakian menuju puncak gunung Lawu, di pos Cemorokandang. Juga, Anda pun bisa melalui jalan tembus yang mengarah menuju Telaga Sarangan di lokasi Magetan melalui Cemorosewu.

Bagi Anda yang sudah bosan dengan hiruk pikuk dan stress karena hidup di kota besar, di air terjun Grojogan Sewu Anda akan merasakan udara yang fresh dan menyegarkan. Udara di lokasi wisata ini benar-benar sejuk, bahkan keindahan alamnya juga tiada duanya.

Tempat wisata ini tidak kalah menarik dibandingkan dengan aneka tempat wisata lainnya. Selain itu, di lokasi ini juga Anda bisa melihat para petani menanam sayur mayur, karena memang di daerah Tawangmangu merupakan daerah produksi aneka sayur mayur, selain ada objek wisata air terjun Grojogan Sewu tersebut.

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Tak sedikit penduduk kota besar yang melihat potensi Tawangmangu sebagai sebuah objek wisata. Karena itu, tidak sedikit investor yang menanamkan modalnya dengan membangun tempat penginapan dan villa pribadi. Di daerah Solo, air terjun Grojogan Sewu termasuk tempat wisata andalan, yang cukup terkenal. Dipercaya juga bahwa air terjun Grojogan Sewu menyimpan banyak cerita misteri, Anda dapat bertanya-tanya mengenai hal tersebut kepada penduduk lokal yang tinggal di daerah Tawangmangu.

Jarak tempuh jika Anda berangkat dari kota Solo menuju wisata alam ini kurang lebih 27 kilometer, berlokasi pada sebelah timur dari kota Solo. Air terjun Grojogan Sewu sendiri sebenarnya masih termasuk bagian hutan wisata Grojogan Sewu juga. Apabila Anda berniat menelusuri keindahan air terjun ini, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 18.000,00 untuk membayar tiket masuknya. Tetapi itu harga tiket masuk untuk tahun 2014, untuk info terbaru kami masih belum mendapatkannya. Namun mungkin HTM akan mengalami kenaikan tetapi tak terlalu banyak, Anda sebaiknya menyediakan uang lebih.

Arti Grojogan Sewu

Dalam bahasa Jawa, Grojogan Sewu memiliki arti tersendiri. Arti dari Grojogan Sewu yaitu “Air terjun seribu”. Memang di sini air terjunnya tidak benar-benar berjumlah 1000, tetapi terdapat beberapa titik dari air terjun yang dapat Anda nikmati. Kata-kata Sewu dalam Grojogan Sewu dibuat berdasarkan kata “Seribu pecak”, di mana itu adalah satuan jarak, awalnya dimanfaatkan untuk mengukur ketinggian dari air terjun. Karena itulah namanya sekarang disebut dengan air terjun Grojogan Sewu. Sekian artikel mengenai wisata alam air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *