Museum Batik Danar Hadi
Museum Batik Danar Hadi

Wisata Kuno Solo Museum Batik Danar Hadi

Posted on

Wisata kuno Solo museum batik Danar Hadi merupakan salah satu objek wisata di kota Solo yang tidak boleh Anda lewatkan. Objek wisata yang satu ini bahkan sudah masuk ke dalam situs Wikipedia Indonesia, menunjukkan bahwa memang tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di kota Solo atau Surakarta. Walaupun Anda tidak diperbolehkan membawa kamera ke dalam museum ini, namun tetap saja museum batik ini sangat menarik. Jika Anda membawa anak-anak, maka Anda dapat mengenalkan budaya batik kepada anak-anak tersayang Anda – Agar mereka dapat mulai mencintai produk asli Indonesia. Mari baca selengkapnya.

Museum Batik Danar Hadi

Didirikan oleh perusahaan terkenal

Museum batik Danar Hadi ini sesuai namanya, didirikan oleh perusahaan batik nasional yang memang sudah cukup terkenal akan batik berkualitasnya. Perusahaan tersebut yaitu PT. Batik Danar Hadi, museum ini memang menjadikan batik sebagai bahan objek wisata utama, tentunya juga mengenalkan aspek budaya batik kepada para pengunjung museum. Jika memang Anda adalah pecinta batik dan ingin melestarikan kebudayaan ini, maka museum ini memang merupakan destinasi yang tepat.

House of Danar Hadi (Nama lain museum batik Danar Hadi) ini didirikan pada kompleks bangunan kuno yang juga termasuk cagar budaya nasional. Dahulu kala sebenarnya bangunan tersebut merupakan kediaman pangeran serta cucu raja Solo yang bernama Sri Susuhunan Pakubuwono IX. Selain itu juga menantu Sri Susuhunan Pakubuwono X KRMTA Wuryaningrat. Tahun 1999 bangunan tersebut barulah dibeli oleh perusahaan Danar Hadi dan kemudian menjadi seperti sekarang ini sesudah dilakukan renovasi, sebelum direnovasi bangunan ini cukup terbengkalai dan rusak di mana-mana. Saat ini bangunan tersebut sudah berubah menjadi sebuah bangunan multipurpose function hall.

Cafe Soga

Jika Anda lapar ketika berkunjung ke museum batik ini, Anda tidak perlu khawatir. Karena di dekatnya, lebih tepatnya di samping museum terdapat cafe yang bernama cafeSoga. Kafe ini menyediakan berbagai macam kuliner yang lezat.

Untuk museum batik Danar Hadi sendiri, baru dibuka secara resmi oleh wakil presiden Megawati Soekarnoputri ketika tahun 2002. Koleksi kain batik yang terdapat di museum ini tidak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai hingga 10 ribu helai, benar-benar jumlah yang sangat banyak, sesuai dengan brand perusahaan yang merupakan perusahaan batik nasional terkenal dan disukai banyak orang. Bahkan jumlah koleksi batik museum tersebut diakui juga oleh MURI atau Museum Rekor Indonesia. Jadi jika memang Anda ingin mencari inspirasi desain batik, datanglah ke museum Danar Hadi ini, karena di tempat lain jika memang ada museum batik juga, jumlah koleksinya pasti tidak sebanyak museum Danar Hadi.

Museum Batik Danar Hadi
Koleksi kain batik dari berbagai wilayah

Koleksi kain batik dari berbagai wilayah

Adapun koleksi kain batik yang terdapat di museum tersebut sudah tentu berasal dari berbagai periode serta wilayah berbeda, dengan kultur yang berbeda-beda pula. Karena itu benar-benar layak untuk mendapatkan kunjungan, sekaligus untuk melestarikan kebudayaan Indonesia agar tidak terlupakan. Batik sendiri sudah diakui oleh dunia internasional juga. Koleksi yang paling penting di museum ini adalah yang koleksi batik Belanda. Di mana desain batik tersebut dipengaruhi budaya Eropa juga, sehingga desainnya terlihat berbeda dibandingkan desain batik yang jaman sekarang. Batik Belanda tersebut juga dibuat oleh orang Belanda ketika jaman kolonial dahulu. Sekian artikel tentang wisata kuno Solo museum batik Danar Hadi, selamat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *